Monday, January 04, 2010

Dakwah dengan hikmah

| |


Sayid Ahmad bin Muhammad Al-Masyhur Al-Baiti Assaggaf (biasa dipanggil dengan Sayid Ahmad Al-Ghozaly), selalu mengadakan pengajian umum di kota Sholahah. Pengajian beliau selalu dihadiri sebagian besar penduduk kota tersebut, baik kaum pria maupun wanita, orang-orang tua maupun yang muda. Pengajian itu terus beliau adakan selama masih tinggal di kota itu. Banyak masyarakat yang mendapat kebaikan dengan menghadiri pengajian beliau. Selama memberikan pengarahan, beliau tak pernah memakai cara-cara yang berat, apalagi yang bersifat paksaan, sehingga pengarahan beliau mengena di hati setiap orang.
Dalam menyampaikan pengajaran dan nasehat-nasehatnya, beliau selalu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat umum. Yang demikian ini bertujuan agar petuah-petuah beliau dapat diterima dengan baik oleh semua kalangan, terutama kaum awam. Hal inilah yang biasa digunakan oleh para pendahulu beliau yang mulia.
Kebanyakan yang beliau terangkan adalah masalah-masalah fiqih dan juga cabang-cabang ilmu lainnya seperti ilmu hadits, ushul maupun furu’. Beliau mampu mengarahkan para pendengar pengajiannya untuk mengamalkan apa yang telah mereka dengar. Beliau selalu mencarikan cara yang mudah dalam mengajar orang. Tidak pernah beliau memilih cara-cara yang sulit, apalagi memberatkan orang. Yang demikian itu adalah karena beliau mengikuti tuntunan Rasullulloh SAW yang selalu memilih cara termudah bila dihadapka dua permasalahan yang berat kepadanya.
Selain itu, beliau juga mengadakan majlis pembacaan kitab Shahih Bukhori. Majlis ini beliau bentuk secara ilmiah. Maksudnya setiap hadits yang dibaca, beliau terangkan maksudnya, sanadnya, hukumnya dan hal-hal lain yang berkaitan erat dengan hadits yang dibaca, sehingga setiap orang yang mendengarkannya mendapat manfaat yang luar biasa. Setiap tiga bulan beliau selesaikan seluruh bacaan kitab Shahih Bukhori. Tiap kali penutupan kitab tersebut, beliau mengadakan upacara jamuan makan dan mengundang banyak orang. Hampir semua penduduk kota Sholahah menghadiri setiap upacara penutupan tersebut.
Selain itu beliau juga mengadakan pengajian atau majlis dzikir di pasar lama kota Sholahah setiap habis sholat Ashar setiap hari di bulan Romadhon.
Hampir setiap minggu beliau mengadakan perjalanan untuk berdakwah ke berbagai kawasan di Selatan. Beliau berpindah-pindah dari kota Mirbath, Thoqoh, Auqid hingga sampai ke Al-Balid. Di setiap kota yang beliau kunjungi, maka masjid Jami’ di kota tersebut banyak didatangi orang untuk mendengarkan dakwah yang beliau sampaikan. Setiap tiba satnya sholat Jum’at, beliau berkhotbah Jum’at di masjid Jami’ itu.
Di tengah perjalanan beliau untuk berdakwah, beliau selalu menganjurkan orang-orang yang mampu untuk membiayai pembangunan ataupun merenovasi masjid-masjid yang memerlukan.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Pesanan Hari Ini

“Perumpamaan persaudaraan kaum muslimin dalam cinta dan kasih sayang di antara mereka adalah seumpama satu tubuh. Apabila satu anggota tubuh sakit maka mengakibatkan seluruh tubuh menjadi demam dan tidak bisa tidur.”

(Hadis riwayat Muslim)

“Seorang Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menzaliminya, merendahkannya, menyerahkan (kepada musuh) dan tidak menghinakannya.”

(Hadis riwayat Muslim)

“Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-gerinya teringat mati.”

by Ahmad AlFateh